Rapat Pleno DPT dan TPS Menghadapi Pilkada, Ini Penjelasan Ketua KPU Prabumulih

PRABUMULIH,PUBLIKZONE-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Prabumulih secara langsung menetapkan pleno terbuka dalam rangka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diselenggarakan di Fave hotel  Prabumulih pada Kamis (19/9/2024).

Hadir dalam kegiatan pleno ini ketua KPU Prabumulih Martadinata beserta anggota dan didampingi Ketua Bawaslu Prabumulih Afan Oktrisma serta pemantauan lainnya.

Ketika dikonfirmasi media ini, Ketua KPU Prabumulih Martadinata mengatakan, untuk tahun ini jumlah mata pilih kita (DPT) ada 144157 aktif, dengan rincian laki-laki berjumlah 70962 dan perempuan berjumlah 73195, dengan jumlah TPS 280 dan 1 TPS Khusus yakni Rumah Tahanan Negara (rutan) ada 1 TPS. dengam jumlah keseluruhan berjumlah 281 TPS. 

"Pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap untuk pemilihan Walikota dan Wakil Walikota serta pemilihan Geburnur dan Wakil Geburnur Sumsel pada tahun 2024 di Kota Prabumulih ini", jelasnya.

Lebih dalalam lagi di jelaskan pria disapa akrab Marta ini, dibanding data saat pemilu peleg kemarin, untuk jumlah DPT kita naik, kemaren itu 142 sekian, sekarang kenaikan diangka seribuan lebih. Sedangkan jumlah TPS sendiri terjadinya pengurangan, dari 670  TPS sekarang menjadi 281, TPS" urainya. 

Dan ini juga sesuai aturan yang ditetapkan. Syarat minimal adalah 500 sampai dengan 600 daftar pemilih per TPS. Tapi ada TPS-TPS di Prabumulih punya pengecualian itu dibawah dari 500. 

"Itu sudah melalui dari pengecekan yang dilakukan oleh KPU Provinsi, kenapa mereka dikatagorikan bisa dibawah angka 500 tersebut."

Misal, ada TPS satu daerah kalau dijadikan satu TPS angkanya akan lebih dari 600, maka kalau dipecahkan otomatis kurang dari 500. Karma ada beberapa TPS di Prabumulih yang mata pilih dibawah dari ketentuan yang berlaku (ada pengecualian_red), pungkasnya. (Dk)

Posting Komentar

0 Komentar